Sabtu
Pukul : 17:38:05

RUSTAN

| More
Perguruan Tinggi Dituntut Lahirkan Inovasi

PEMERINTAH mendorong perguruan tinggi untuk menghasilkan penelitian-penelitian sampai teknologi tingkat 9 yang siap untuk dikomersialkan di masyarakat.

“Harapannya ke depan agar perguruan tinggi tidak hanya menghasilkan publikasi internasional, paten, dan prototipe penelitian, tetapi juga menghasilkan penelitian yang inovatif serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Dirjen Kelembagaan Iptekdikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Patdono di Jakarta, kemarin.

Ia mengakui sebelumnya tidak ada program besar-besaran yang dilakukan pemerintah untuk meneruskan penelitianpenelitian pada perguruan tinggi menjadi teknologi tingkat 9 (sudah siap dikomersialkan). “Itu sebabnya inovasi di Indonesia menjadi minim,” ujar dia.

Untuk itu, kelak, diharapkan penelitian menjadi inovasi dan berdampak luas bagi masyarakat sehingga nantinya hasil-hasil penelitian pada perguruan tinggi mendapatkan pendanaan, tenaga ahli, dan pendampingan. “Inovasi artinya dari segi teknologi, penelitian tersebut siap diproduksi, tetapi belum terbukti dari aspek ekonomi dan pasar,” ujar dia.

Dari inovasi itu, kemudian dilanjutkan tahap berikutnya melalui Ditjen Kelembagaan. Dalam tahap ini, penelitian disiapkan mencapai teknologi level 9, artinya siap dikomersialkan. Pada tahap ini, pemerintah akan mempertemukan penelitian dengan investor, industri, bank, dan supplier.

“Kemudian kami lihat teknologinya, mesin-mesinnya, menguntungkan atau tidak, jika menguntungkan, akan diproduksi. Lembaga yang menangani hal ini disebut Pusat Unggulan Iptek (PUI). Setelah keluar dari PUI itulah (teknologi itu) menjadi inovasi,” cetusnya.

Agar inovasi berdampak luas pada masyarakat, setelah diproduksi PUI, inovasi akan masuk pada science and techno park (STP). Di STP itu, pemerintah mencari pengusaha pemula berbasis teknologi untuk diberi pelatihan mengenai cara berbisnis menggunakan inovasi-inovasi yang ada di PUI. “Seperti dilakukan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam inovasinya yang menghasilkan pepaya california,” tutur dia.

Patdono berharap ajang Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) bisa jadi momentum bagi perguruan tinggi untuk menonjolkan penelitian yang menjadi inovasi serta mempelajari banyak hal agar penelitian mereka kelak menjadi inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. (Bay/S-25)

sumber: Media Indonesia, halaman 1, 10/08/2016

Foto: http://mediaindonesia.com/news/read/51872/kenaikan-akreditasi-pts-diprioritaskan/2016-06-19

Berita Terkait

    Komentar (0)

    Sekilas Info

    • Uji Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan Komunikasi di BLK Sorong , 28 -


    • Sosialisasi Tax Amnesty , hari Sabtu 24 September 2016, Jam 09.30 - Selesai


    • Kuliah Tamu Fakultas Teknik dengan SKK Migas , BP Berau Ltd, Genting Oil Kasuari, PT Pertamina EP V,


    • Mahasiswa Baru segera melakukan registrasi di Prodi masing-masing


    • Alumni Angkatan X yang ingin mengambil foto wisuda agar segera menghubungi humas


    Indeks Berita

    Video