Jumat
Pukul : 17:52:21

RUSTAN

| More
Pendidikan Karakter Bagi Dosen diikuti Sembilan Dosen DPK UM Sorong

UM Sorong. Sembilan orang dosen PNS DPK UNiversitas Muhammadiyah Sorong mengikuti Workshop pendidikan karakter yang dilaksanakan Kopertis Wilayah XiV Papua dan Papua Barat di Hotel Grand Abe , Jayapura 29 September - 1 Oktober 2016. 

Dalam materinya Koordinator Kopertis Wilayah XIV Papua dan Papua Barat , Drs. Festus Simbiak,M.Pd mengatakan bahwa dalam pendidikan di kampus yang menjadi sumbek utamanya adalah dosen. karenanya secara otomatis dosen lah yang menjadi tumpuan utama dalam menginternalisaikan pendidikan karakter di dalam kampus. sebagai dosen dengan tugas pendidik, bukan hanya mengajar maka dosen  bukan hanya menntransferkan ilmu tetapi mentransferkan nilai-nilai. Dan mentransferkan nilai-nilai tidak cukup dengan mencontohkan tetapi perlu dibuktikan dengan pelaksanaan.

Lebih lanjut Festus Simbiak mengatakan Sesuai dengan UU Guru dan Dosen dan PP No. 19/2005 dinyatakan bahwa ruang lingkup kompetensi guru meliputi 4 hal yakni kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial serta kompetensi profesional. Salah satu poinnya menjabarkan bahwa dosen juga menjadi teladan dan memiliki perilku yang diteladani peserta didik, karenanya 18 Nilai karakter menjadi penting bagi dosen  antara lain religius,jujur,toleran,disiplin,kerja keras, kreatif, mandiri, demikratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan , peduli sosial dan bertanggungjawab. kesemua nilai karakter ini harusnya dimiliki dan ditularkan kepada mahasiswanya.

Dalam workshop pendidikan karakter ini , Selain materi yang di beri oleh Koordinator Kopertis Wilayah XIV, materi juga diisi oleh Prof. Dr. Eko Nugroho.

Sementara Rektor UM Sorong, Dr. H.Hermanto Suaib, MM ketika ditanyakan tentang banyaknya dosen yang dikirim mengatakan  Kami mengirimkan dosen dalam jumlah yang cukup banyak untuk mengikuti kegiatan tersebut, dengan harapan apa yang diperoleh oleh para dosen tersebut dapat di diseminasi lebih lanjut di kampus atau paling kurang dapat diterapkan oleh mereka dalam menjalankan tugas sebagai dosen UM Sorong. (Widi)

Berita Terkait

Komentar (0)

Sekilas Info

  • Uji Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan Komunikasi di BLK Sorong , 28 -


  • Sosialisasi Tax Amnesty , hari Sabtu 24 September 2016, Jam 09.30 - Selesai


  • Kuliah Tamu Fakultas Teknik dengan SKK Migas , BP Berau Ltd, Genting Oil Kasuari, PT Pertamina EP V,


  • Mahasiswa Baru segera melakukan registrasi di Prodi masing-masing


  • Alumni Angkatan X yang ingin mengambil foto wisuda agar segera menghubungi humas


Indeks Berita

Video