FAKULTAS KIP

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

"FKIP UNAMIN menjadi fakultas yang unggul pengembangan iptek dan imtaq yang berkemajuan dalam bidang ilmu pendidikan, keguruan."

Misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi calon pendidik dan tenaga kependidikan yang berbasis pengembangan iptek.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu pendidikan, keguruan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian untuk memberi kontribusi terhadap upaya pemecahan masalah masyarakat yang berkaitan dengan pendidikan dan keguruan.
  4. Mengembangkan kualitas sumber daya dan sistem informasi untuk menunjang pelaksanaan catur Dharma perguruan tinggi Muhammadiyah dalam bidang pendidikan dan keguruan.
  5. Menyelenggarakan tata kelola fakultas dan prodi yang solid dan memperluas jejaring kerjasama.
  6. Menyelenggarakan pembinaan Al-Islam dan kemuhammadiyahan kepada stakeholder fakultas dan prodi yang diorientasikan pada peningkatan iman dan takwa.

Tujuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Mewujudkan fakultas dan prodi sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia serta ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menunjang pembangunan tanah Papua di bidang pendidikan dan keguruan.

  2. Mewujudkan fakultas dan prodi sebagai pusat pengembangan riset di bidang pendidikan dan keguruan seiring dengan dinamika di wilayah Papua.

  3. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kepekaan terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat dan memberi kontribusi dalam upaya pemecahannya dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang ilmu pendidikan dan keguruan.
  4. Mewujudkan fakultas dan prodi yang memiliki sumber daya dan sistem informasi yang berkualitas.
  5. Mewujudkan lembaga dengan tata kelola yang transparan dan akuntabel untuk meningkatkan citra, memperluas jaringan serta daya saing fakultas dan prodi.
  6. Mewujudkan fakultas dan prodi sebagai pusat gerakan dakwah Muhammadiyah di tanah Papua untuk membentuk sumber daya manusia yang berakhlak mulia.

Visi Keilmuan Prodi PBI UNAMIN

Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris dengan prinsip-prinsip pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning) yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kepribadian Muhammadiyah dan keterampilan abad 21 serta berorientasi pada  tujuan pembangunan berkelanjutan

Tujuan Prodi PBI UNAMIN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bahasa Inggris yang unggul, baik secara teoritis maupun praktis.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan antar budaya dan keterampilan abad-21.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepribadian Muhammadiyah dan berorientasi pada tujuan pembangunan berkelanjutan.

Strategi Prodi PBI UNAMIN

  1. Mengembangkan kurikulum yang berbasis pada nilai-nilai Muhammadiyah dan tujuan pembangunan berkelanjutan. Kurikulum ini akan menekankan pada pengembangan kepribadian Muhammadiyah dan keterampilan abad 21 yang berorientasi pada pilar-pilar pembangunan berkelanjutan.
  2. Meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan. Dosen dan tenaga kependidikan akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mengintegrasikan nilai-nilai Muhammadiyah dan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam pembelajaran.
  3. Mengembangkan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran yang berorientasi pada nilai-nilai Muhammadiyah dan tujuan pembangunan berkelanjutan. Sarana dan prasarana yang memadai akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi terciptanya pembelajaran yang berorientasi pada nilai-nilai Muhammadiyah dan tujuan pembangunan berkelanjutan.

 

Visi Pendidikan Matematika

Visi Pendidikan Matematika adalah:

"Menjadi Program Studi yang unggul dan profesional yang berlandaskan pada teori Computational end Mathematical Thnking."

Misi Pendidikan Matematika

Misi Pendidikan Matematika adalah:

  1. Meyelengarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis Outcome Based Education (OBE) dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan pendidik abad 21, serta pengembangan karakter yang berwawasan hati nurani dan kearifan lokal.
  2. Meningkatkan mutu dan kuantitas penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang berorientasi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta permasalahan pendidikan terkini.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan matematika yang bermutu dan bermanfaat untuk peningkatan mutu pendidikan melalui pendistribusian hasil penelitian.
  4. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan berbagai lembaga untuk penyerapan lulusan dan relevansi muatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terhadap dunia kerja.

Tujuan Pendidikan Matematika

Tujuan Pendidikan Matematika adalah:

  1. Menghasilkan lulusan pendidikan matematika yang kompeten dan memiliki karakter, pengetahuan, dan keterampilan pendidik abad 21 serta berdaya saing. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang berwawasan dan pendekatan personal kepada peserta didik, agar dapat membimbing peserta didik secara tepat dan efisien.

  2. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang berwawasan dan pendekatan personal kepada peserta didik, agar dapat membimbing peserta didik secara tepat dan efisien. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Matematika yang mampu mengembangkan diri dalam berbagai situsi dan kondisi di lingkungan pendidikan.
  3. Menghasilkan lulusan pendidikan matematika yang mampu mengelola pembelajaran matematika yang efektif, efisien dan menyenangkan serta berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan berbasis penelitian.
  4. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Matematika yang mampu mengembangkan diri dalam berbagai situsi dan kondisi di lingkungan pendidikan tempat kerjanya.
  5. Mencetak lulusan yang mampu berfikir kritis dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran matematika melalui penelitian untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan matematika.

Visi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Visi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah:

"Menjadi Penyelenggara pendidikan guru sekolah dasar yang berlandaskan pada prinsip serta teori pendidikan dasar yang menghasilkan lulusan berwawasan kearifan lokal dengan nilai-nilai kemuhammadiayahan."

 

Misi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Misi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah:

  1. Menghasilkan lulusan pendidikan guru sekolah dasar yang bermutu serta berwawasan kearifan lokal dengan nilai–nilai kemuhammadiyahan yang dapat melaksanakan fungsinya sebagai tenaga pendidik, peneliti pemula/asisten peneliti, praktisi kebudayaan.
  2. Manghasilkan peneliti pendidikan dasar yang mampu memeriksa (menyelidiki dsb) dan menemukan solusi, gagasan atau inovasi, dan desain dengan cermat dan teruji terkait peningkatan mutu pendidikan dasar;
  3. Manghasilkan Praktisi pendidikan dasar orang yang mampu berperan sebagai pengelola pendidikan, konselor, pendidik di jalur non formal, serta pembina ekstrakurikuler untuk pendidikan;
  4. Manghasilkan trainer pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar yang mampu memberikan materi pada kegiatan pendidikan dan latihan juga workshop tentang pengembangan kapasitas guru dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  5. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai lembaga akademik, non akademik atau Industri dalam negeri maupun luar negeri dalam pelaksanaan catur darma darma perguruan tinggi.

Tujuan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Tujuan Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah:

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan bagi calon pendidik guru SD yang profesional dengan nilai-nilai kearifan lokal dan Al-Islam Kemuhammadiyahan
  2. Menghasilkan praktisi yang inovatif di bidang ke-Sdan
  3. Menghasilkan penelitian yang inovatif yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak terkait
  4. Meningkatkan pengabdian kepada Masyarakat yang bermutu dalam berbagai disipin ilmu ke-Sdan
  5. Menghasilkan mahasiswa yang kreatif dalam edupreneurship di bidang ke-SDan

Share this Post